Langsung ke konten utama

Curhatan Orang Gagal PDKT Pada Awal SMA




Halo kembali lagi dengan gua. Gimana kabar kalian? Semoga gua doakan kalian berada pada kondisi yang sehat dan bersemangat buat menjalani aktivitas. Seperti biasa, ketika gua bosan dengan rutinitas yang gua jalani di luar gua langsung tumpahkan rasa kebosanan gua melalui tulisan. Entah kenapa hal ini membuat lega dan terlebih menjadi ada sesuatu yang memorable. Terakhir gua nulis bulan Juli yang lalu, sekarang udah awal November lagi ya. 

Kabar gua cenderung baik-baik aja lebih tepatnya bosan. Gua saat-saat ini merasa banget bosan dengan apa yang gua lakukan dan apa yang gua capai. Tapi yang paling benci pada kondisi yang saat ini menimpa gua adalah gua gak tau gimana cara ngilangin bosannya. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini harapan gua yang ada di paragraf pertama bisa tercapai dan terealisasikan. Aamiinin aja dulu ye.

Tapi setelah dipikir-pikir kayaknya media sosial yang gua punya ngeframing untuk membuat diri gua menjadi bosan dan berpikir "ada aje masalah ya di dunia". Gua buka Instagram, nothing special alias gitu-gitu aja. Gak ada yang harus diliatin dari aktivitas orang yang terkena pandemi. Gua buka Twitter, isinya gitu semua. Kayaknya semua masalah Indonesia keliatan banget ya. Dari masalah corona sampe sekarang ke Zara. Sejujurnya gua pusing sih buat ngeliat masalah yang sama terus-menerus. Kaya gak ada masalah lain aja ya. Ngeliat twit yang vokal terhadap masalah yang lagi trending di Indonesia membuat gua semakin males aja. Satu sisi gua sangat kagum karena apa yang diomongin ada benarnya, tapi di satu sisi kenapa gak lebih chill aja. Tapi dari kasus yang menimpa influencer atau artis gua menyadari serta mensyukuri terhadap diri gua yang menjadi orang biasa-biasa aja. Coba sekarang lu jadi seseorang yang punya pengaruh terhadap orang lain, gak cuman artis aja deh dari yang deket sama kita yaitu Ketua BEM. Gua ngebayangin kalau gua jadi Ketua BEM yang followersnya ratusan ribu gabisa ngebuat story Instagram item doang terus lagu backsoudnya lagu sedih Korea. Orang pasti ada aja mikir masa orang ini kaya gini. Apalagi lagi kalau artis, haduh susah banget deh bergerak. Makanya gua bersyukur Tuhan menciptakan gua saat ini masih menjadi orang yang biasa-biasa aja.

Hahaha, sejujurnya topik diatas bukan cerita yang ingin gua tulis disini. Karena blog ini bakal cerita tentang hal yang gua alami mengenai apapun itu. Oke hari ini gua bakal cerita tentang asmara. Tepatnya, gua bakal cerita tentang seseorang yang gua suka pertama kali di SMA tapi gak jadian dan ketemu lagi. Iya hari ini gua bakal cerita tentang perjalanan cinta gua. Gua pengen banget nyeritain hal ini karena kejadian yang membuat flashback terjadi belakangan ini. Oke mari kita spill.

Pertama gua bakal cerita latar belakangnya dulu kali ya, ketika gua lulus SMP gua langsung memantapkan diri gua buat masuk SMA 2 Bogor. Asal tau aja, gua dari SMP 1 yang notabene sangat dikit sekali anak-anaknya minat ke SMA 2. Temen-temen gua pilih kalau ga smansa (SMA 1) atau gak smanti (SMA 3). Walaupun nantinya temen gua dari SMP dikit, setidaknya gua lepas dari lingkungan sekolah yang menurut gua gak cocok bagi gua. Gua masuk smanda pengen mencoba lingkungan baru karena kalau gua masuk sekolah yang gua sebutin diatas gua bakal merasakan lingkungan yang sama lagi. 

Masuklah gua SMA di jurusan IPS. Dulu tuh langsung penjurusan, gak psikotest kaya jaman sekarang. NEM gua gak cukup buat masuk IPA jadinya gua masuk IPS. Agak menyesal di awal tapi yoweslah jalanin dulu aja. Gua sadar bahwa gua punya trauma untuk aktif dan vokal pas SMP, jadi gua mencoba untuk gak atif di SMA. Alhasil, semua rencana bubar dikarenakan gua ditunjuk jadi penanggung jawab kelas. Gegara itu gua jadi orang aktif lah di sekolah gua. Mungkin cerita itu bakal ditulis di lain kesempatan.

Setelah MOS, gua ikut eskul paskibra aja gara-gara gua dulu pas SMP udah ikut paskibra walaupun gak dapet apa-apa sih hehe. Ketika gua awal masuk eskul ini, gua merasa nothing special. Entah dari topik obrolan atau orangnya. Cuman yoweslah gua jalanin aja karena waktu itu gua bareng sama temen SMP gua juga yang nanti pada akhirnya dia keluar. Gua menyesalkan keputusan dia untuk keluar, cuman setiap orang punya pilihannya masing-masing mau bagaimana lagi?

Back to topic, setelah beberapa lama ngikutin kegiatan eskul ini gua menemukan sesuatu yang menarik. Sesuatu itu merupakan rasa suka sama orang lain. Ini kali pertama gua suka sama orang pas di SMA. Gua merasa senang pada waktu itu, karena gua susah banget ngebuka hati buat orang lain setelah masalah cinta gua di SMP. Orang yang gua suka pas di SMA sebut saja Mawar. Mawar menurut gua cantik kalau angle ngelihatnya bagus, asik, banyak omong. Hal itu yang ngebuat gua suka sama mawar. Nyambung aja gitu ngomongnya bagi gua.

Selama ngedeketin mawar, gua menyadari ada beberapa kesalahan yang gua lakukan. Pertama, gua jadi berubah menjadi orang yang mawar suka dan melupakan jati diri gua. Gua sampe belajar gitar lagu penyanyi yang disukai sama doi. Gua mencoba cari tahu apa yang dia suka, dan mencoba berubah menjadi seperti itu. Padahal, gak semestinya seperti itu kan karena pada saat pacaran kalau lu nunjukkin hal yang beda dari biasanya pas PDKT bakal kaget lah pasangannya. Gua mencoba untuk pulang bareng sama mawar. Maksa naik angkot yang ngebuat muter kalau pulang. Hal ini gua lakuin demi menjadi seseorang yang mawar suka. Pas diangkot ya basa -basi juga kok gak ngobrol intens hehe.

Kedua gua caper banget asli. Hal ini gua tau dari tinjauan gua terhadap notes lama group wkwkw. Masa gua nyuruh tidur di kolom komentar notes line :) caper banget gak sih wkwkwk. Ya pastinya gua yang dulu nganggep itu hal yang lumrah dan bakal jadi berkesan buat doi, cuman kalau dipikir-pikir sekarang kok jadi jijik. Terus gua selalu pengen show off aja didepan dia ngebuktiin kalau gua bisa segala hal wkwkw. Seinget gua, gua show off bahwa gua bisa gitar, jago ngelawak, dan humble orangnya. Gua menyadari sekarang bahwa itu semua gak baik. Kenapa gak baik? karena over. Udah gitu gua selalu nganggep apa yang gua lakukan berhasil lagi. Bodoh asli wkwk.

Ketiga gua selalu curhat sama temen eskul. Ini gua saranin sebaiknya jangan dilakukan sih. Karena kalau orangnya gak bisa jaga rahasia bisa jadi orangnya malah ceng-cengin gua di depan temen-temen lain yang akhirnya jadi nyebar deh ke semua. Gua orangnya selalu pengen curhat dulu, ada A gua cerita ke A, ada B gua cerita ke B, gitu aja terus sampe nyebar wkwkw. Padahal mawar tipe orang yang menurut gua gak suka diceng-cengin. Udah gitu gak cuman diceng-cengin di lingkup eskul, ternyata sampe lingkup kelas gua sama doi. Itu asli gua jengkel banget, apalagi si mawar ya wkwkw.

Keempat gua pengecut banget asli. Selalu nunjukkin sisi lemah gua biar dapet simpati sama mawar. Pengen banget dikasihani gua. Udah pengen dikasihani, gua gak berani ngungkapin perasaan gua juga. Pernah suatu ketika angakatn gua lagi ada acara tapi dia belum dateng gegara telat ada acara di tempat lain dan naik angkot. Karena lama, gua tunggu di depan gerbang komplek. Tapi pas mawar udah nyampe di depan gerbang komplek, gua sok-sokan main hape disapa gua cuman nyaut pake tangan doang gak berani nganter dia ke rumah temen gua. Asli pengecut gua, mungkin itu juga yang bikin mawar gak suka sama gua wkwkw.

Alhasil, gara-gara keempat faktor itu gua gak pacaran deh sama mawar lagipula gua gak pernah nembak akibat gua pengecut sama udah dapet sinyal buruk aja. Gegara ini gua jadi selalu mencoba menghindari acara kalau ada sama dia. Kalaupun ternyata gak bisa, gua selalu beda tempat sama dia misalnya dia di kelas gua di taman. Tujuannya biar gak diceng-cengin. Gitu aja sampe lulus.

3 tahun setelah kelulusan SMA pas gua sama mawar udah kuliah semester akhir, angkatan gua sama angkatan bawah gua bikin acara makan bareng gitu. Kejadian ini kalau gak salah bulan Agustus 2020. Kenapa pada pengen makan-makan ya karena udah lama angkatan gua bikin gak bikin acara angkatan gitu, intinya mau temu kangen gitu. Biasa sebelum mau buat acara harus diabsen dulu siapa aja yang bisa hadir. Gua nulis nama gua diabsen dan dia pun nulis dong. Deg-degan gua dong, dalem hati "abis gua diceng-cengin". Awalnya gara-gara itu gua males dateng asli. Tapi, sebuah mindset baru muncul bahwa "yaudah be itukan masa lalu dia juga udah berubah gak kaya dulu lu mencoba terbuka dan coba aja mengiyakan apa kata mereka" dengan berbekal itu gua memberanikan diri berangkat.

Bener apa yang gua pikirin kejadian langsung. Baru nyampe langsung diceng-cengin "be ada yang kangen nih lama udah gak ketemu". Dengan mindset gua yang baru gua langsung ngomong "Mana yang kangen ma gua sini gua bantuin masak". Setelah ngomong gitu, gua langsung pindah tempat duduk ke sebelah mawar. Semua orang teriak cie respon gua bodo amat. Malah gua ngobrol sama mawar dan asli masih nyambung dan gak kaku. Dia juga ngerasa gak tertekan dengan adanya kehadiran gua malah dia ngerasa biasa aja dan menjadikan gua temen ngobrol masak dia walaupun pas masak gua gak bantu signifikan banget.

Point yang gua pengen kasih adalah kalau deketin cewek mending apa adanya. Lu punya apa yaudah keluar maksimal jangan too much. Jangan berubah demi orang lain tapi berubah demi diri sendiri. Semoga kisah gua ini bisa menginspirasi bagi pembaca. Sampai ketemu di tulisan selanjutnya ya!!

Komentar

  1. menurut aku keren banget kak ceritanya. Semangat terus ya Kak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Manusia Pasif di Kampus

Selama butuh 100 malam untuk menulis lagi, akhirnya gua mencoba untuk menulis lagi. Sangat bosan dalam kondisi karantina gak bisa ngelakuin apa-apa seperti biasa. Harus mengikuti protokol. Ditambah lagi perkuliahan nanti akan berbentuk online, aduh makin ngebuat gua susah untuk mengerti mata kuliahnya. Ya gimana lagi semester ini sepertinya gua harus nambah effort buat mencoba mengerti bahan kuliah kedepan. Semoga saja ya.  Kegiatan gua selama 3 bulan ini ngapain ya, main games, nonton, kuliah online, banyak merenung. Terdengar membosankan pasti, apalagi kalau ngejalanin itu terus menerus. Aktivitas yang kita lakukan terus menerus ngebuat diri kita ngerasa bosen pada akhirnya, dimana ngenuntut kita harus mencari sesuatu yang baru. Menurut gua, menulis lagi bisa dijadikan aktivitas baru lagi supaya terjadi penyegaran dalam hidup gua untuk menghadapi masa pandemi sekarang. Masa pandemi pun gua alhamdulillah bisa diizinkan untuk nongkrong bareng pacar dan temen-temen dengan memperhatikan

Bagian 1: Pendahuluan

Bogor Kenapa bagian pertama? karena cerita ini akan sangat panjang. Ini cerita tentang pacar gua sendiri. Perlu banyak tenaga buat nulis kisah ini. Karena, bayangin aja ya gua udah pacaran hampir 2,5 tahun hahaha. Lama ya? memang kalau dibentuk dari sebuah komitmen memang pasti lama, sombong hahaha. Oke, sebelum bahas cewek gua, gua pengennya ngasih pandangan awal dulu tentang percintaan dan pasangan. Menurut gua, cinta itu salah satu bentuk energi. Tau kan sifat energi? ya energi gak bisa dihancurkan maupun dimusnahkan tapi cuman bisa diubah bentuk. Terus kalau ada orang pegat sama cewek atau cowoknya kan rasa cintanya bakal ilang. Enggak kok, cintanya ada tapi cuman diubah bentuk jadi benci. Klise emang, tapi ini pandangan gua. Karena semua berawal dari cinta, menurut gua yang menentukan cinta itu baik atau buruk dari niat. Niat emang jadi modal penting buat lu pacaran. Kalau niat lu baik atau positif, pasti hasilnya lu menjalani hubungan dengan baik pula dan juga berlaku seb