Langsung ke konten utama

Curhatan Manusia Pasif di Kampus



Selama butuh 100 malam untuk menulis lagi, akhirnya gua mencoba untuk menulis lagi. Sangat bosan dalam kondisi karantina gak bisa ngelakuin apa-apa seperti biasa. Harus mengikuti protokol. Ditambah lagi perkuliahan nanti akan berbentuk online, aduh makin ngebuat gua susah untuk mengerti mata kuliahnya. Ya gimana lagi semester ini sepertinya gua harus nambah effort buat mencoba mengerti bahan kuliah kedepan. Semoga saja ya. 

Kegiatan gua selama 3 bulan ini ngapain ya, main games, nonton, kuliah online, banyak merenung. Terdengar membosankan pasti, apalagi kalau ngejalanin itu terus menerus. Aktivitas yang kita lakukan terus menerus ngebuat diri kita ngerasa bosen pada akhirnya, dimana ngenuntut kita harus mencari sesuatu yang baru. Menurut gua, menulis lagi bisa dijadikan aktivitas baru lagi supaya terjadi penyegaran dalam hidup gua untuk menghadapi masa pandemi sekarang.

Masa pandemi pun gua alhamdulillah bisa diizinkan untuk nongkrong bareng pacar dan temen-temen dengan memperhatikan protokol kesehatan. Setidaknya bisa ngobatin rasa kesepian gua dirumah. Nongkrong bagi gua obat ketika gua stuck dalam hidup. Ngelepas canda tawa bareng pacar dan temen bisa ngereset secara langsung rasa stuck yang gua rasakan sebelumnya. Malah gua punya kelas malam jumat bareng ade gua, Damar, Umar, Ruly, Bagust, Gozi ngomongin soal kehidupan sampe larut malam.

Untuk selera lagu, gua sekarang lagi suka banget lagu Korea. Walau kadang dimarahin terus sama pacar gua. Entah kenapa K-Pop ngebuat hidup gua yang biasa aja jadi lebih bermakna. Lirik gua gak ngerti bahasanya tapi gua bisa ngerasain sensasinya. Di tahun ini juga gua sudah memilih idol K-Pop yang gua dukung yaitu Day6 dan GFRIEND. Gua suka mereka karena selera musik mereka beda banget sama idol yang lain dan itu yang gua suka. Gak hanya dari lagu, gua mencoba untuk menonton drakor. When The Weather Is Fine dan Touch Your Heart drakor yang gua udah tonton dan ngebuat kesan yang melekat pada diri gua. Hi Bye Mama gua cuman kuat nonton sampe episode 5 karena sebegitu sedihnya ceritanya jadi gak kuat hehe. Yang lagi on going untuk ditonton Crash Landing On You. Gapapa telat ya.

Gua anggap semua kehidupan gua yang jalani sekarang biasa aja. Nothing special. Perasaan ini muncul karena gua gak mencoba untuk melakukan apapun. Pernah kepikiran gua kayaknya gak punya bakat khusus yang harus banget untuk ditajamin. Semua yang gua bisa hanya sekadar bisa gak sampai mahir. Nyanyi bisa tapi gak mahir, main gitar bisa tapi gak mahir. Kadang gua kesel sama diri gua yang sekarang gak bisa banget buat berkembang. Semua temen yang udah gua kenal lama selalu "menuntut" gua untuk bisa menjadi inilah itulah dengan alasan track record gua kebelakang. Gua selalu bilang malas dan gabisa. Karena, gua stuck.

Kampus yang dianggap bisa ngebangun kemampuan individu nyatanya membuat diri gua diam di tempat. Terlepas dari gua menyalahkan lingkungan, gua menyadari bahwa gua yang bersifat pesimis dan nethink menjadikan ini sebagai paket komplit. Paket yang nantinya menjadi bom waktu. Awal mulai ini terjadi ketika gua ngemban amanah jadi ketua angkatan. Dibilang menyesal gua sangat amat menyesal. Gua sesekali terkadang gabisa tidur gara-gara selalu terbebani amanah ini. Kepikiran mulu omongan gua pada zaman maba yang kalau gua pikir lagi "idealis banget lu anjing". Mungkin cuman gua yang ketang tapi gak pernah nongkrong sama gak pernah aktif di lingkungan kampus. Gua punya alasan kenapa terjadi itu semua. Tapi, pada akhirnya gua selalu coba tanemin dalam diri gua untuk sabar.

Kerasa banget masa kuliah gua semester 2 dan 3 sangatlah hancur. Gua gak punya peer. Hidup sendiri di lingkungan kampus. Cuman ngobrol sama temen angkatan gua ketika ada urusan aja. Gua iri sama temen yang lain yang bisa punya peer. Gua iri sama temen yang dapet afeksi dari peernya. Gua iri sama temen yang selalu ditungguin atau ngebook tempat duduk. Gua pengen itu semua tapi gak bisa padahal gua ketua angkatan yang harusnya bisa temenan sama semua orang dong? Paradoks. Gua menjadi orang yang selalu dateng terlambat dan duduk dibelakang. Gua yang selalu ngehela nafas ketika dosen memberikan instruksi tugas kelompok dan kelompoknya diatur masing-masing. Gua yang selalu males buat makan di kantin fakultas karena pasti sendiri. Gua yang selalu pulang cepet karena siapa yang mau nungguin gua. Nilai hancur dan kondisi ansos.

Gua selalu kesel liat orang-orang yang hanya peduli pada lingkungan peernya. Gua pada waktu itu sangat kesel pada orang yang kampanyein kesehatan mental tapi lu gaberani ngomong sama orang diluar dari peer lu. Gua pada waktu itu pengen gak ngomong sama orang lain karena pasti formalitas. Gua selalu menyalahkan keadaan. Ini semua yang ngebuat gua males berangkat kampus. Buat apa dateng ketempat yang bikin lu sedih terus. Lebih baik dirumah tidur.

Gak punya temen lah sampai semester 4. Awal semseter 5 gua mendapat kesempatan untuk dapet temen lagi. Gua berterimakasih pada Haidar temen gua yang percaya untuk ngajak gua untuk masuk kepanitiaan PSIUM. PSIUM titik balik gua dapet temen di kampus. Walau gua cuman jadi pj transport tapi suara gua didenger. Gua diajak survey lah asik dah pokoknya. Gua gak nyesel jadi panitia PSIUM. Akibat, PSIUM juga gua mulai terbuka untuk kebeberapa orang. Walaupun cape untuk ngerjain sesuatu diluar dari kebiasaan gua, bodo amat yang penting gua punya temen. Makasih untuk PSIUM.

Seperti yang gua bilang diatas, PSIUM ngebuka jalan semua. Gua jadi punya temen buat ngobrol, jadi punya alasan kenapa gua makan di kantin, punya alasan kenapa gua masuk kampus selain kewajiban. Dan akhirnya semester 5 gua punya temen peer. Gua mau bilang makasih buat Haidar, Ariq, Devi, Hanna, Agita, Zahra. Tanpa kalian semua gua hanya jadi ampas di kampus, jadi orang yang selalu gak punya alasan buat sayang sama fakultas gua. Seseneng itu ketika gua punya temen peer. Dikelas udah ada orang yang pasti bakal nemenin lu dari awal masuk sampai ujian semester. Udah fix dapet kelompok. Walau gitu, gua gak pernah lupa sama kondisi gua pada semester 2, 3 dan 4. Gua sama Haidar dan Ariq selalu insitiaf buat ngobrol sama orang-orang di angkatan gua yang gak punya peer. Gua gak mau ketika gua punya peer, peer itu malah menghambat gua temenan sama siapa aja. Gua mau jadi manusia seutuhnya. Mungkin tugas ketang yang gua lakuin sekarang simple, gua selalu hadir dan ngobrol untuk temen-temen gua yang udah gak punya alasan dateng ke kampus selain kewajiban. Aktivitas ini selalu gua anggap sebagai kampanye kesehatan mental. Karena menurut gua, kampanye kesehatan mental yang paling efektif adalah melakukan hal kecil terus-menurus yang nantinya membuat itu menjadi sebuah kebiasaan.


Kayaknya cukup segitu aja untuk hari ini ceritanya, kita akan lanjut ketika gua sedang dalam mood yang bagus. Selamat menjalani kehidupan ya para pembaca!





Komentar

  1. Don't know how I came across this but I really enjoyed your writing

    Gue rasa gue juga lagi merasakan hal yang sama. Punya banyak bakat tapi ga ada yg bener2 ahli, selalu merasa kurang, nethink, dan pesimis sama diri sendiri. Seseorang pernah bilang ke gue kalau sebenernya gapapa untuk berpikiran kaya gitu, biar ga sombong dan ga ngerasa lebih dari orang lain si katanya. Tapi jangan keseringan. Jalanin aja apa yang jadi kewajiban saat ini sebaik mungkin, selanjutnya nanti akan mengikuti. Gue juga masi mencoba siii cuma yaa sekedar sharing aja.

    Keep writing juseyo! Sorry panjang

    BalasHapus
  2. Halo Kabe, makasih ya udah menuliskan ini. Sebagai teman seangkatan di kampus, gue sangat relate sih sama keresahan lo tentang kampus yg mengampanyekan kesehatan mental tetapi sebatas formalitas belaka. Sebelum baca tulisan ini, gue sempat juga pernah menyayangkan performa lo sebagai Ketang. Tapi, setelah baca ini, gue jadi lebih paham dan juga merasa bersalah sebagai teman seangkatan gak cukup peka dengan keadaan lo, I'm so sorry for that :( Gue turut senang karena akhirnya lo bisa menemukan teman-teman yg mengisi hari-hari lo di kampus. Menurut gue, upaya lo utk ngajak ngobrol anak2 yg gapunya peer itu justru sangat berguna dan bisa banget diperluas lagi! Kita emang jarang ngobrol tapi beberapa kali pernah diskusi di kelas. Menurut gue, lo orang yg sangat terbuka untuk diajak bertukar pikiran dan temen ngobrol yg cukup seru juga. Jadi, gue rasa dengan lo ngajak ngobrol itu bermanfaat bgt sih. Mungkin bisa diperluas jg dengan ngebuka obrolan di grup angkatan? Bisa jadi banyak anak-anak yg mau ngobrol sm lo tapi mereka ga berani untuk mulai hehe. I'd like to have some worthy discussion with you also. Jangan malu-malu untuk show up di grup angkatan ya hehe. You've done well as a Ketang kok! Makasih ya udah tetap mengusahakan yg terbaik sebagai Ketang! Good luck for all your matters :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Orang Gagal PDKT Pada Awal SMA

Halo kembali lagi dengan gua. Gimana kabar kalian? Semoga gua doakan kalian berada pada kondisi yang sehat dan bersemangat buat menjalani aktivitas. Seperti biasa, ketika gua bosan dengan rutinitas yang gua jalani di luar gua langsung tumpahkan rasa kebosanan gua melalui tulisan. Entah kenapa hal ini membuat lega dan terlebih menjadi ada sesuatu yang memorable. Terakhir gua nulis bulan Juli yang lalu, sekarang udah awal November lagi ya.  Kabar gua cenderung baik-baik aja lebih tepatnya bosan. Gua saat-saat ini merasa banget bosan dengan apa yang gua lakukan dan apa yang gua capai. Tapi yang paling benci pada kondisi yang saat ini menimpa gua adalah gua gak tau gimana cara ngilangin bosannya. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini harapan gua yang ada di paragraf pertama bisa tercapai dan terealisasikan. Aamiinin aja dulu ye. Tapi setelah dipikir-pikir kayaknya media sosial yang gua punya ngeframing untuk membuat diri gua menjadi bosan dan berpikir "ada aje masalah ya di dunia&qu

Bagian 1: Pendahuluan

Bogor Kenapa bagian pertama? karena cerita ini akan sangat panjang. Ini cerita tentang pacar gua sendiri. Perlu banyak tenaga buat nulis kisah ini. Karena, bayangin aja ya gua udah pacaran hampir 2,5 tahun hahaha. Lama ya? memang kalau dibentuk dari sebuah komitmen memang pasti lama, sombong hahaha. Oke, sebelum bahas cewek gua, gua pengennya ngasih pandangan awal dulu tentang percintaan dan pasangan. Menurut gua, cinta itu salah satu bentuk energi. Tau kan sifat energi? ya energi gak bisa dihancurkan maupun dimusnahkan tapi cuman bisa diubah bentuk. Terus kalau ada orang pegat sama cewek atau cowoknya kan rasa cintanya bakal ilang. Enggak kok, cintanya ada tapi cuman diubah bentuk jadi benci. Klise emang, tapi ini pandangan gua. Karena semua berawal dari cinta, menurut gua yang menentukan cinta itu baik atau buruk dari niat. Niat emang jadi modal penting buat lu pacaran. Kalau niat lu baik atau positif, pasti hasilnya lu menjalani hubungan dengan baik pula dan juga berlaku seb