Langsung ke konten utama

Bagian 1: Pendahuluan

Bogor
Kenapa bagian pertama? karena cerita ini akan sangat panjang. Ini cerita tentang pacar gua sendiri. Perlu banyak tenaga buat nulis kisah ini. Karena, bayangin aja ya gua udah pacaran hampir 2,5 tahun hahaha. Lama ya? memang kalau dibentuk dari sebuah komitmen memang pasti lama, sombong hahaha.

Oke, sebelum bahas cewek gua, gua pengennya ngasih pandangan awal dulu tentang percintaan dan pasangan. Menurut gua, cinta itu salah satu bentuk energi. Tau kan sifat energi? ya energi gak bisa dihancurkan maupun dimusnahkan tapi cuman bisa diubah bentuk. Terus kalau ada orang pegat sama cewek atau cowoknya kan rasa cintanya bakal ilang. Enggak kok, cintanya ada tapi cuman diubah bentuk jadi benci. Klise emang, tapi ini pandangan gua.

Karena semua berawal dari cinta, menurut gua yang menentukan cinta itu baik atau buruk dari niat. Niat emang jadi modal penting buat lu pacaran. Kalau niat lu baik atau positif, pasti hasilnya lu menjalani hubungan dengan baik pula dan juga berlaku sebaliknya. Jadi, saran gua buat yang mau jalani hubungan coba cek niat kalian dulu.

Terus mengenai pacaran, gua anggep ini sebagai tempat gua berkembang. Berkembang dari segi apapun. Gimana caranya gua ngetreat cewek, gimana caranya mencoba menjalin komunikasi yang baik, gimana caranya untuk menjadi lebih dewasa di setiap permasalahan yang ada, dan masih banyak lagi. Pacaran itu metode yang tepat untuk lu berkeluh kesah. Setiap orang beda-beda ya cara untuk berkeluh kesah sama pasangan, kalau gua pribadi lebih ke ngasih kode atau ceritain dikit-dikit biar dia ngegali dan supaya di makin tertarik dengan keluhan gua hahaha.

Pacaran itu masalah berbagi. Kalau lebaynya, lu hidup berdua sama pasangan lu. Yang dibagi pun bermacam-macam, positif bisa negatif bisa. Mirip-mirip nerima kelebihan dan kekurangan deh. Walau terdengar cringe memang ini harus dilakukan.

Kayaknya yang gua inget segitu deh. Tapi kalau misalnya ada perspektif tambahan dari gua, gua bakal cantumin sesuai dengan alur cerita yang dibuat. Karena, pandangan gua terhadap percintaan menjadi lebih dewasa seiring dengan lamanya hubungan yang gua jalani.

Masuk ke perkenalan cewek gua. Namanya Dian. Lahir 12 Desember 1999. Orangnya apa ya, tulus dan keras kepala. Bingung kan? hahaha. Dia dulu sekolah di salah satu SMA di Bogor tapi beda sama gua. Menurut gua, dia aktif di kegiatan eskulnya pas di SMA. Oh ya, dia orangnya to the point alias ngegas. Gabisa banget kontrol kalau lagi emosi wkwkw dan ini tugasnya gua karena gua orangnya chill. Panikan juga dia sama terlalu inisiatif hahaha. Dia paling benci gabut kalau dia masuk kepanitiaan. Memang hebat dia hahaha.

Terus awal kenal ya, awal kenal Dian itu pas gua masuk group namanya Petik. Jadi, group Petik itu isinya temen-temenya admin Petik itu sendiri. Gua waktu itu diinvite sama temen gua dan Dian pun sama. Gua sama sekali gak tau Dian siapa, mukanya kaya apa, sekolahnya dulu dimana. Gua gak tau sama sekali alias buta. Dian pun mungkin tidak mengenal gua waktu itu. Ditambah gua dan Dian di group itu pasif alias sering menjadi silent reader wkwkw.

Posisi gua juga pada saat itu baru pegat sama mantan gua, gua gak ada niatan sama sekali buat pacaran. Karena, dulu gua udah idgaflah masalah pacaran. Capek cuy pacaran pas lagi ngejabat ketos hahaha pecah fokus. Gak kepikiran sama sekali buat pacaran sama Dian, ya beda sekolah sama gak kenal. Disaat itu gua meyakini bahwa gua kayaknya gak akan pacaran dulu deh, tapi bukan berarti gua menutup kemungkinan untuk pacaran di lain waktu. Labil banget gua wkwkw.

Selanjutnya, gua pertama kali ketemu Dian pas kumpul Petik di Yogya Junction, Kamis 10 Maret 2016. Ceritanya, Petik lagi ngadain meet up disana tapi gua nyusul sama temen gua karena waktu itu lagi latihan Perniks kelasan. Abis latian perniks, gua sama temen gua berangkat ke TKP buat meet up. Sampai disana, langsung ke lantai foodcourt buat ketemu. Dian udah nyampe disana, tapi gua masih belum kenal wkwkw. Gua duduk langsung disambut hangat sama temen-temen Petik. Pada ketawa sih karena waktu itu lagi hari libur dan gua pakai baju seragam, maklum biar hemat ongkos hahaha.  Gua perkenalan abis itu waktu bebas alias gak ngapa-ngapain. Tiba-tiba, Dian nanya (seinget gua),

"eh lu kabe ya??" tanya Dian,

"Iya, kok lu tauu?? jawab gua,

"Iyalah lu kan ketos"

"Anjir hahaha, enggak juga" jawab gua salting,

"Sok merendah deh lu mah haha, oh ya lu kan mantannya *******?"

"EHHHHH, KOK TAUU SIHHHHH????" bikin gua makin salting,

"Iyalah dulu dia temen SD gua beee" klarifikasi dari Dian,

"OHHHHH, gimana kabar dia??" gua balik nanya,

"Gatau atuh be, dia kan beda sekolah sekarang sama gua"

"Kirain tauu"

BOOM, awkward banget kejadiannya. Ketemu perdana bahas mantan. Abis itu, kita berdua misah karena belum terlalu deket dan gua juga lebih milih main sama cowo disana.

Kalau dinget-inget lagi, pertemuan selanjutnya dengan Dian itu pas lagi acara AKAS, Sabtu 19 Maret 2016. AKAS itu lomba PMR yang diselenggarain sama sekolah gua. Dan taukah? Dian itu Ketua PMR sekolahnya hahaha. Gua gak tau juga masalah ini tapi Dian tau gua ketos di sekolah. Pas lomba gua gak nyadar kalau ada Dian tapi dia nyadar kalau ada gua. Ya mohon maaf waktu itu saya sibuk mondar-mandir kaya setrikaan. Jadi pertemuan ini saya tidak menyadarinya tapi pasti ketemu ma Dian kok hehehe.

Setelah AKAS selesai, gua gak ketemu sama chattan sama Dian. Sama sekali nggak. Karena, gua udah pernah bilang gua gakenal sama Dian dan cuman gua anggap sebagai teman biasa malah lebih parah gua anggep angin lalu aja.

Dan, tiba saatnya. Kalau gak salah bulan Juni, disitu gua sama temen-temen gua lagi kelimpungan ngurusin proposal SF. Disitunya juga udah berapa kali ditolak dan disuruh direvisi. Karena dulu sekre OSIS gua itu bekas toilet, gua sama temen-temen ngerjain tugas OSIS di rumah Dina & Dita. Rumahnya kane banget dah hahaha. Nanti gua bakal bikin cerita sendiri tentang rumah Dina & Dita.

Lagi bahas proposal, tiba-tiba Dina buka hape dan ngomong,

"Eh ini Dian mau ngambil sertifikat AKAS ke siapa?"

Gua langsung aja cepet nyambar, "Ke gua aja Din, Dian itu yang petik kan?"

"Iya be, lu mah modus ya?" prasangka Dina,

"Yakali Din, kagak-kagak ke gua aja", jawaban gua dengan nada malas,

"Iya iya deh be jangan baper kali, yaudah gua bilang nih ya ke Dian ambil ke elu?"

"Iya Dina Nurhayati", jawab gua dengan jelas

"Oke be"

Gua memberikan sinyal oke ke Dina dengan tangan gua. Jujur gua juga niat buat ketemu sama Dian, alasannya dulu buat nambah relasi aja gak lebih. Dan gua juga udah lupa mukanya yang mana hahaha.

Kamis, 2 Juni 2016 merupakan moment gua ngechat Dian pertama kali. Karena di hari itu gua udah janjian sama Dian buat ngambil sertifikat juara AKAS. Gua berinisiatif nanya, 

"Dian, mau ke smanda kapan ?

"Janji sm mit jam 9", jawab Dian

"Woke-woke"

Dan disitu gua ngechat jam 7 pagi dan artinya gua kepagian wkwkwk. Tapi disini dia nanya,

"Kb, kalo gua pake batik gak kenapa2 kan"

"Bawa jaket gak? Kalau gak bawa selow ada gua yang jagain", jawab gua tanpa modus

"...mending pake bebas/batik?"

"Bebas"

"Maksudnya terserah batik ge no prob", tambah gua

"Wah bimbang gua wkwk"

"Yaelah hahaha"

Dan jam 9 pun datang, Dian ngechat gua lagi,

"KB GOJEK BOLEH MASUK BUDI AGUNG GAK?"

"Boleh say, Lu udah di smanda kan?"

"Belum anjir wkwk masih di jalan hee"

"Dimanaanyaaa????"

"Masih lamaaa ke pmi dulu guaa he he he"

Disini gua mulai kesel karena ngaret, tapi gua mencoba untuk kalem,

"Yaelah gua udah panik kirain udah nyampe wkwkwk"

"Lu jemput gua depan smanda ya wkwk", suruh Dian

"Iyaaa",

Waktu menunjukkan pukul 10, telat satu jam dari rencana awal. Pukul 10.15 dia ngechat gua lagi,

"Kb gua udah di jalan baruuu"

"Dimananyaaa???", tanya gua biar memastikan lokasinya dan biar gak bohong,

"Lagi muter balikkk"

"Ayo cepat disini panas kaya di mesir", canda gua

"NGAKAK WKWK"

"Udah masuk budi agung", jawab Dian

"Okeeee"

"Bentar lg nih, itung mundur aja", Dian menantang gua,

"5
4
3
3
2
1
Dan tidak ada"

Tiba-tiba Dian datang. Turun dari ojek online dan pake sweater sekolahnya. Gua anterin buat ke MIT (MIT itu orang ya) dan mengambil sertifikat. Sambil jalan masuk ke dalam, gua pun ngobrol sama Dian,

"Eh tadi lu ke PMI dulu ngapain?", gua mulai buka topik

"Biasalah ada urusan"

"Ohhh, gua baru tau juga lu ketua PMR"

"Emang gua gak keliatan kaya ketua ya?"

"Nggak juga"

"Emang sekolah lu menang apa di AKAS?"

"Gak tau namanya apa, pokoknya yang foto-foto gitu"

"Ohh, LJK yaa?"

"Iya bee"

Ketemu MIT dan akhirnya Dian dapat sertifikat temennya. Gua anterin balik keluar dan dia naik ojek pangkalan buat kedepan. Setelah itu dia ngechat gua lagi,

"MAKASIH KB", apresiasi Dian terhadap gua karena rela panas-panasan,

"Sama sama sayyyy:)"

"DEMI ALLAH GUA SEBELAHAN SAMA ORGIL DI HALTE"

"GARA2 LU NGOMONG SAY KAYAKNYA", tambah Dian

"Hahahahahhaha"

"Gua orgilnya dian jangan jauhin wkwkwkw", gua mulai bercanda

"Ih anjir:(((("

"Wkwkwkwk, sabar yaaa itu namanya takdir hahahah", jawab gua tanpa solusi buat Dian

Disini gua merasa ada yang aneh, kenpa nyambung ya gua ngechat sama dia. Tadi juga pas ngobrol di sekolah gua kerasa nyambung juga. Suka sih bukan, mungkin lebih ke tertarik. Kayaknya gua bakal dapat teman yang menarik dalam pikiran gua. Dan disitu gua berencana untuk tetap keep in touch dengan Dian. Caranya? gua memberanikan diri dengan langsung chat,

"Maen yuk yan"

Dan pada akhirnya, gua menjadi rutin untuk chat Dian. Nyambung dan menyenangkan merupakan alasan yang bisa menjawab pertanyaan kenapa. Pertemuan pertama terasa unik, tidak setiap pertemuan sama Dian merupakan hal yang unik. Ini merupakan goretan pertama untuk mengenal Dian lebih lanjut. Di 2019, gua masih suka ketawa-ketawa malu apa yang gua dan Dian dulu lakukan ketika PDKT. Ini awal pendahuluan aku, kalau kamu gimana Dian?





Komentar

  1. terima kasih kabe karena sudah bikin gw senyum-senyum saat pelajaran bahasa inggris hari ini! ❤

    poin yang mau gw revisi:
    1. gw ga naik ojol & opang, tapi dianterin berangkat & pulangnya sm mamah!
    2. gw yang menang lomba jurnalistik, bukan temen gw. jadi sertif-nya emang buat gw!
    3. waktu itu ngambil sertifnya bukan ke mit, tapi ke anak cowok kalau gak salah namanya naufal.
    4. GW GAPAKE SWEATER SMANTI PAS KE SMANDA.

    sekian.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Manusia Pasif di Kampus

Selama butuh 100 malam untuk menulis lagi, akhirnya gua mencoba untuk menulis lagi. Sangat bosan dalam kondisi karantina gak bisa ngelakuin apa-apa seperti biasa. Harus mengikuti protokol. Ditambah lagi perkuliahan nanti akan berbentuk online, aduh makin ngebuat gua susah untuk mengerti mata kuliahnya. Ya gimana lagi semester ini sepertinya gua harus nambah effort buat mencoba mengerti bahan kuliah kedepan. Semoga saja ya.  Kegiatan gua selama 3 bulan ini ngapain ya, main games, nonton, kuliah online, banyak merenung. Terdengar membosankan pasti, apalagi kalau ngejalanin itu terus menerus. Aktivitas yang kita lakukan terus menerus ngebuat diri kita ngerasa bosen pada akhirnya, dimana ngenuntut kita harus mencari sesuatu yang baru. Menurut gua, menulis lagi bisa dijadikan aktivitas baru lagi supaya terjadi penyegaran dalam hidup gua untuk menghadapi masa pandemi sekarang. Masa pandemi pun gua alhamdulillah bisa diizinkan untuk nongkrong bareng pacar dan temen-temen dengan memperhatikan

Curhatan Orang Gagal PDKT Pada Awal SMA

Halo kembali lagi dengan gua. Gimana kabar kalian? Semoga gua doakan kalian berada pada kondisi yang sehat dan bersemangat buat menjalani aktivitas. Seperti biasa, ketika gua bosan dengan rutinitas yang gua jalani di luar gua langsung tumpahkan rasa kebosanan gua melalui tulisan. Entah kenapa hal ini membuat lega dan terlebih menjadi ada sesuatu yang memorable. Terakhir gua nulis bulan Juli yang lalu, sekarang udah awal November lagi ya.  Kabar gua cenderung baik-baik aja lebih tepatnya bosan. Gua saat-saat ini merasa banget bosan dengan apa yang gua lakukan dan apa yang gua capai. Tapi yang paling benci pada kondisi yang saat ini menimpa gua adalah gua gak tau gimana cara ngilangin bosannya. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini harapan gua yang ada di paragraf pertama bisa tercapai dan terealisasikan. Aamiinin aja dulu ye. Tapi setelah dipikir-pikir kayaknya media sosial yang gua punya ngeframing untuk membuat diri gua menjadi bosan dan berpikir "ada aje masalah ya di dunia&qu